Rabu, 18 Oktober 2017

Inilah cara mengatasi kotoran ayam yang basah dan bau


Inilah cara mengatasi kotoran ayam yang basah dan bau
Ternak ayam tanpa bau? Bagaimana caranya?

Bagi para peternak ayam kebersihan kandang menjadi salah satu point penting agar kesehatan ayam terjamin dan produktifitas meningkat. Salah satu yang menjadi permasalahan peternak adalah masalah bau kotoran ayam,tentu tidak cuma pemilik dan warga sekitar sekitar kandang yang merasa terganggu, namun kesehatan ternak juga terganggu dan menimbulkan banyak penyakit. Dengan tidak terjaganya kebersihan kandang menyebabkan ternak rentan terhadap penyakit, baik itu gumboro,cekrek, dan penyakit akibat virus dan bakteri lainnya. Salah satu penyebab utama kotoran ayam menjadi bau antara lain di karenakan kondisi kandang dan kotoran yang basah dan lembab, hal ini menyebabkan tumbuh suburnya kuman dan bakteri. Sehingga memicu bau tidak sebab karena gas amonia yang tidak tertangani dengan baik.


Akibat kurangnya perhatian terhadap kebersihan kandang dan tidak di tangani dengan baik masalah kotoran ayam tersebut mengakibatkan produktifitas menurun. Sebagai contoh sih, salah satu kandang peternak dekat rumah mimin tinggal dari populasi sekitar 1500 ekor ayam hampir 50 persen mengalami kematian jelas itu sebuah kerugian yang besar apabila tidak di tangani dengan baik. Setelah di teliti lebih lanjut memang di perkirakan penyebabnya karena kotoran ayam yang tidak di tangani dengan baik. Meskipun itu model kandang panggung, namun kalau di bawah kandang terlalu lembab dan berair akan menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit.

Berbeda dengan penanganan kandang ayam yang di lakukan oleh salah satu teman saya. Selain perawatan ternak sendiri, sebelum di taruh bibit dod maka di lakukan sterilisasi kandang baik itu kotoran di bawahnya, pembersihan wadah pakan dan air tempat minum, penyemprotan kandang dengan anti septik dll. Di lakukan secara rutin sebelum dan pasca panen, maka tidak heran apabila prosentasi kematian dari populasi itu di bawah 5 persen dan bobot bisa melebihi target.

Lalu bagaimana cara mengeringkan kotoran ayam baik broiler maupun petelur? Hal yang simple dan terbukti ampuh adalah menaburkan serbuk zeolit (bukan iklan lho), zeolit ini merupakan batu semacam kapur yang di giling sampai halus menjadi serbuk. Sebagai pengganti obat supaya kotoran ternak tidak bau, zeolit tentu aman dari zat kimia berbahaya. Karena sifatnya kering berbentuk powder maka kotoran yang basah dan lembab akan cepat mengering apabila di taburi dengan powder ini. Dengan cara di taburkan pada kandang maka zeolit ini berfungsi sebagai pengering kotoran ayam yang basah.

Hal ini sudah sering di lakukan sebagai alternatif pengganti obat penghilang bau kotoran ayam. Di bandingkan dengan pabrikan yang harus di semprotkan atau di campur dengan air minum, maka manfaat ganda dari powder zeolit ini selain bisa mengatasi kotoroan ayam yang basah menjadi kering juga berfungsi sebagai penghilang bau kotoran ayam.

Lalu bagaimana dengan pupolasi lalat,  Dengan cara penaburan serbuk tadi otomatis akan menurunkan populasi lalat di kandang tersebut, walaupun tidak 100 persen namun hal itu dapat meminimalkan populasi dan sedikit membasmi belatung pada kotoran ayam.

Tulisan ini tidak seratus persen benar namun perlu pembuktian yang nyata untuk meyakini kebenaran tulisan ini. Dan biarlah seekor ayam membuktikannya...

1 komentar:

Unggulan

Daya Angkut Carry Pick Up vs Grand Max

Bagi pemilik usaha, armada pengangkutan merupakan aset penting bagi kinerja perusahaan yang baik. Tak sedikit pengusaha bingung saat me...

Populer Minggu Ini