Minggu, 15 Oktober 2017

Lihat Beberapa Tips Packing Barang Saat Pindah Rumah

Pindah rumah Pasti merepotkan! Mengepak barang, memasukkannya ke dalam karton, ke rumah baru, harus membongkar dan menatanya kembali ... yah ... lelah! Belum lagi sharing waktu untuk merawat bayi. Mungkin untuk sementara waktu anaknya "di abaikan " dulu, karena orang tuanya lagi sibuk. Jika Anda memiliki asisten atau kerabat yang peduli sih tidak masalah. Tapi kalau tidak? Nah, jadi ada baiknya mengemas barang dengan rapi agar lebih mudah membongkar dan menatanya lagi. Begitu juga barang yang dibawa pindah agar tidak rusak.

Berikut adalah tip untuk mengemas barang berdasarkan pengalaman pribadi saya:
1. Prioritaskan memasukkan barang langka atau tidak terpakai (misalnya: buku, pakaian, peralatan masak, dll., Yang jarang digunakan). Singkirkan item yang tidak Anda butuhkan lagi. Jika itu buruk, itu bisa dilepas. Jika masih bagus, bisa disumbangkan (misal: baju yang terlalu sempit bisa diserahkan ke pembantu). Jika perlu, jual peralatan rumah tangga yang tidak di pakai untuk dipindahkan (misalnya lemari kaca, barang pecah belah dll.).

2. Isi kotak sesuai dengan jenis barangnya (misalnya baju bayi, bak mandi, buku, dll).
3. Label dan nomor di setiap kotak, lalu catat isinya di notebook (misal: dus no.1 isi pakaian anak, dus no.2 isi buku, dll). Beri label nomor di keempat sisi kotak dan di atas kotak. Tujuannya: dalam keadaan tertumpuk, kita akan mudah menemukan jumlah sel, memudahkan pengiriman barang, dan mencari tahu berapa jumlah barang yang diangkut. Juga saat tiba di rumah baru, akan memudahkan kita membongkar kotak tempat item pertama akan digunakan.
4. Tutup kotak dengan selotip dengan rapi dan kuat. Gunakan lakban coklat atau hitam. Tutup kotak sedekat yang di atas.
5. Tandai pada kotak berisi barang elektronik dan peralatannya. Sebaiknya gunakan warna mencolok. Misalnya spidol merah, jadi jelas terlihat. Tandai: "AWAS PECAH!" Untuk TV dan barang pecah belah. Tandai: "HATI HATI!" Diangkut dengan hati-hati. Tandai: "ATAS!" Di atas kotak, supaya dus tidak akan terbalik.
Cara memasukkan item ke dalam kotak:
1. Periksa kondisi kotak. Pilih yang masih bagus dan kokoh. Jangan merobek atau melakukan sesuatu yang berbeda. Tidak disarankan untuk menggunakan mie instan, kecuali untuk pindahan jarak pendek tanpa layanan pengiriman barang.
2. Bersihkan kotak dus. Terutama bagian dalamnya. Gunakan lap agak basah (jangan basah, lalu cuci mulut). Keringkan dengan udara atau kering.
3. Tutup kotak dengan koran terlebih dulu.
4. Lebih baik alasnya dari plastik. Sebuah kantong plastik berukuran sedang bisa dipotong untuk mendapatkan plastik berukuran lebar. Tujuannya adalah untuk menahan rembesan jika berada dalam hujan atau di tempat yang lembab.
5. Masukkan barang, lalu rapikan. Jangan tinggalkan ruang kosong. Ruang kosong membuat isi setiap kotak bertabrakan saat mengangkut dan bisa merusak barang.
6. Untuk mengisi kekosongan, masukan jenis barang lain yang lebih ringan dan fleksibel untuk disisipkan. Contoh: Lubang kosong dipakai untuk gulungan baju atau kain.
7. Ratakan barang, jangan biarkan sampai menyembul. Tutupi koran kemudian lapisan plastik di bagian atas.
8. Tutup dengan lakban.
Cara mengepak jenis barang tertentu:
1. Buku
· Tempatkan sebuah buku besar di dasar kardus, buku terkecil di bagian atas.
· Slip buku di pinggir kosong.
· Jika banyak buku berat, jangan kumpulkan semua dalam 1 kotak. Sebaiknya dibagikan dengan kotak lain. Tujuannya untuk menjaga berat kardus tidak terlalu berat dan mencegah agar kotak tidak jebol.
· Jangan mengisi seluruh karton dengan buku (kecuali kotak indomie).
· Tinggalkan sepertiga atau seperempat ruang untuk mengisi item lainnya. Bisa baju, kaleng berisi alat tulis atau barang ringan lainnya yang tidak mudah pecah.
2. Kemeja
· Bedakan pakaian untuk setiap anggota keluarga.
· Lipat pakaian dengan rapi.
· Taruh di bagian bawah kotak, rapikan.
Isi ruang kosong dengan gaun yang dipadatkan
· Isi kemeja harus dimasukkan ke dalam perabotan, sehingga tidak pecah karena guncangan selama proses pengangkutan.
3. Bagilah: piring, mangkuk, gelas, bingkai foto, display, cermin, dll.
· Kemas satu per satu
· Jangan memasukkan barang semacam ini dalam satu kotak (kecuali untuk pindahan jarak pendek)
Masukkannya dengan memasukkannya ke dalam pakaian, selimut, atau lembaran
· Jangan meletakkannya di dasar, di pinggir dan di karton. Tinggallah di tengah, di antara tumpukan pakaian
4. TV, komputer dan peralatan elektronik lainnya
· Kemas di setiap kotak
· Saat kotak dihapus, maka terpaksa mencari kotak lain.
· Jika tidak sama sekali, bungkus dengan linen lalu dasi tali
·

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unggulan

Daya Angkut Carry Pick Up vs Grand Max

Bagi pemilik usaha, armada pengangkutan merupakan aset penting bagi kinerja perusahaan yang baik. Tak sedikit pengusaha bingung saat me...

Populer Minggu Ini